Rabu, 23 Maret 2011

Nasi Krawu "Jajanan Khas Kota Gresik"

Sebuah kota kecil di sebelah barat Surabaya tepatnya kota gresik memiliki jajanan kuliner yang begitu enak. Sebuah jajanan dengan ciri khas nampan dari daun pisang yang dipotong bundar melingkar dan dihias dengan menarik. Selain itu rasa pedas yang selalu dirasakan dilidah. Meskipun pedas peminat makanan ini sangat banyak. Sebuah santapan yang menarik yang harus dicoba.

Nasi krawu namanya. Mungkin bagi orang yang belum tau bentuk dari nasi krawu ini menganggap bahwa nasi ini hanya terdiri dari nasi dan sayur-manyur yang ditaburi dengan parutan kelapa. Tapi ketika pertama kali saya melihat bentuk dari nasi krawu ini sangatlah berbeda dengan apa yang saya bayangkan. Karena di kota sidoarjo krawu sendiri memilki arti sayur mayur yang telah direbus dan dicampur dengan parutan kelapa. Tapi setelah saya melihat nasi krawu khas gresik sangatlah berbeda dengan yang saya pikirkan dengan krawu asli dari sidoarjo. Yang terdiri dari setumpuk nasi putihyang sudah dimasak dan diberi ajian mantab ala chief nasi krawu. Selain itu diberi taburan parutan kelapa dan dagingrajang halus.

Sangat menarik apalagi bagi yang baru pertama kali mencobanya. Kenapa menarik karena dilihat dari tampilannya begitu menawan dan apalagi kalau sudah merasakannya pasti lidah anda akan terbakar karena rasa pedasnya yang ada di parutan kelapa. Kalau masalah harga sesuai lah dengan rasa yang ditawarkan. Hanya mengeluarkan Rp 10000,- sudah mendapatkan sepiring nasi krawu yang begitu lezat rasanya. Apabila anda ingin mencobanya dan segan mampir ke kota gresik anda bias mampir ke asi krawu bu timan Pojok Bunder, Gresik atau Bu Timan Jln Veteran Depan Ikan bakar Cianjur.

Atau kalau anda belum sempat atau bahkan anda berada jauh di luar kota gresik anda bias membuatnya sendiri. Saya meyediakan resep ala chief harys. Hahaha. Tp untuk rasa saya tidak menanggungnya tapi dijamin manta blah “MAK NyUS kata pak Bondan”, karena resep ini ssaya dapat langsung dari bu timan.
Wah tidak main-main bu timan memberikan semua resepnya untuk membuat nasi krawu ini. Berikut resepnya :

Bahan :
500 gr daging sapi, potong2 melebar setebal 1cm searah serat
500 ml air (tambah secukupnya kalo tanpa panci presto)
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, digeprak
200 ml santan kental
¼ butir kelapa setengah tua, parut memanjang untuk poyah coklatnya
3 lembar daun jeruk purut
Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas (asumsi diameter sekitar 2 cm)
3 cm kunyit (asumsi diameter sekitar 1.5 cm)
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/3 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
1½ sdt garam / sesuai selera
Pelengkap :
Nasi putih anget
Poyah Kelapa Kuning (bisa juga poyah coklatnya aja)
Sambel terasi
Cara olah :
- Masukin potongan daging, air, garam, bumbu halus, daun salam dan sereh ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
- Masak sampai air menyusut, bumbu meresap dan daging tambah empuk.
- tuang santan kental, Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).
- Tiriskan dagingnya, sisihkan. Sisa kuahnya di campur dengan parutan kelapa setengah tua.
- Taruh parutan kelapa di wajan, tambahkan daun jeruk yang di suwir, Sangrai sambil di aduk2 sampe rata dan meresap, dan kering. Matikan api. Buang daun jeruknya.
- Daging di goreng dalam minyak banyak, jangan terlalu kering.
- Siap disajikan dengan pelengkapnya.

Wah sangat menarik apabila anda mencobanya untuk memasak sendiri resep nasi krawu bu timan ini, bagi anda yang berada jauh dari kota gresik. Tapi apabila anda melewati kota gresik mampilah ke nasi krawu ini. Dijamin Top Mar Kotop, Mak Nyus, Mangzzztabbzzzz, semuanya lah untuk nasi krawu. Selamat mencoba dan menikmati.

Harys Zhendykiawan
God Will Save The Traveller

1 komentar:

  1. woooOOOO bikin ngiler gan !!! :P

    http://www.surabayadigitalprinting.blogspot.com/

    BalasHapus